Ini merupakan pertanyaan ujian PTK yang saya dapatkan dari teman-teman yang sudah melaksanakan ujian.
diawali pertanyaan umum kemudian ke khusus. pertanyaan umum berlaku untuk semua jenis penelitian yaitu PTK Kwalitatif Kwantitatif R & D.
judul skripsi saya adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya.
1. Mengapa
memilih judul ini?
Karena saya menemukan permesalahan
tersebut dan saya rasa permasalahan tersebut sudah urjen dan sangat perlu untuk
segera diatasi, apabila tidak segera diatasi maka akan mempengaruhi keadaan
siswa kedepannya. Memilih matematika karena nilai matematika rendah dibandingkan
nilai yang lain dan kedepannya saat kelas 6 nantinya matematika merupakan salah
satu mata pelajaran yg diunaskan. Kenapa hasil? Karena tidak bisa dipungkiri
saat ini pendidikan kita masih berpedoman pada nilai untuk menyatakan siswa
lulus atau tidaknya.
2. Mengapa
di TEMPAT ini bukan yang lain?
Saya melakukan observasi di 2 SD
yaitu di SDN Delegan 2 tempat KKN dan di SDN 1 Granting. Saya memilih sd ini
karena saya menemukan masalah yang urjen di sd tersebut.
3. Bagaimana
cara anda mempersuasi guru sehingga bersedia untuk diteliti?
Cara saya mempersuasi guru adalah
awalnya saya melakukan observasi proses pembelajaran dan saya menemukan
beberapa permasalahan. Dari permesalahan yg saya temukan tersebut saya
sampaikan kepada guru dan saya menawarkan metode tutor sebaya untuk
menyelesaikan permasalahan tersebut dan akhirnya gurupun menyetujuinya.
4. Mengapa
subyeknya kelas 5 bukan kelas yg lain?
Karena kelas 5 merupakan siswa yg
pada tahap operasional konkrit.
5. Mengapa
menggunakan metode ini bukan yang lain?
Karena terlihat bahwa siswa tidak
berani bertanya kepada gurunya tentang materi yg belum dipahaminya, sehingga
perlu adanya metode yang dapat membuat siswa jadi berani menyampaikan
permsalahannya yaitu metode tutor sebaya. Siswa jadi berani bercerita
masalahnya kepada temannya.
6. Apa
bedanya hasil dan prestasi?
Hasil merupakan suatu akibat
setelah melakukan aktifitas makan didapatlah sebuah hasil yaitu baik atau
tidak. Prestasi adalah penilaian yg dilakukan dari hasil. Misalnya halisnya baik
dan bagus disebut berprestasi.
7. Apa
itu PTK?
PTK adalah suatu metode penelitian
yg dilakukan jika terdapat suatu permasalahan dalam proses pembelajaran. Jadi
intinya PTK adalah metode yg bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran
agar leih baik lg.
8. Mengapa
menggunakan model spiral?
Karena dalam proses pembelajaran
pasti ada perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi, karena semua itu arus
berurutan agar nantinya diketahui letak kesalahan dan bisa diperbaiki.
9. Kisi-kisi
ini berpedoman dari mana?
Kisi-kisi lembar pengamatan idi
berpedoman pada langkah-langkah pembelajaran dari pendapat Hisyam Zaini pada
hal. 30. Dan pengertian tutor sebaya dari sukmadinata hal. 25. Kiki-kisi soal
hal 17.
10. Apa
kriteria ketuntasannya?
kriteria ketuntasan yaitu apabila
lebih dari samadengan 75% siswa mendapatkan nilai lebih dari samadengan 70. kriteria
ini dibuat berdasarkan diskusi dengan guru. karena guru lebih tau tentang
keadan dari kelas tersebut dan memahami masing2 siswanya.
11. Bedanya
tujuan dan manfaat?
Tujuan adalah suatu hasil yg ingin
diperoleh setelah melakukan suatu tindakan. Sedangkan manfaat adalah sesuatu yg
didapat karena hasil dari tindakannya.
12. Bedanya
pendekatan, strategi, model, metode?
13. belajar itu apa?
Belajar
adalah belajar merupakan suatu proses kegiatan yang berupa membaca, menulis
mendengarkan mengamati dan meniru yang hasilnya dapat merubah perilaku atau
tingkah laku seseorang ke yang lebih baik sehingga kejadian yang sama tidak
terulang kembali.
14. Tujuan
belajar adalahuntuk mendapatkan pengetahuan penanaman konsep dan
keterampilan, untuk pembentukan sikap.
15. Hasil
belajar adalahkemampuan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima
pengalaman belajarnya.
16. Bagaimana
cara menentukan tutor? Cara menentukan tutor adalah dengan cara melihat hasil
pretes kemudian diserahkan kepada guru kemudian guru lah yg menentukan siapa
saja yg menjadi tutor. Karena guru yg lebih tau keadaan siswanya. Pembagian
kelompok juga ditentukan oleh guru.
17. Apakah
anda yakin tutor mampu untuk mengajarkan temannya? Dari hasil pretes terlihat
nilai2 siswa, dan disini guru menunjuk siswa yg menjadi tutor berdasarkan
nilai. Karen siswa sudah mendapat nilai bagus maka dianggap siswa tersebut
sudah memahaminya.
demikian beberapa pertanyaan yang saya dapatkan. semoga bermanfaat dan jika ada ingin menambahkan saya persilahkan.
semoga ujian kalian lancar dan sukses
makasih banyak sangat membantu....?
BalasHapusTerima kasih...sangat bermanfaat...
BalasHapusSama sama. Senang bisa membantu. Semoga sukses ujiannya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerima Kasih. Sangat membantu
BalasHapusterima kasih banyak
BalasHapusTerimakasih. Sangat membantu
BalasHapus