Minggu, 06 September 2015

PERTANYAAN TAK TERDUGA SAAT UJIAN SKRIPSI

sekarang saya akan sedikit cerita tentang pengalaman saya dan cerita dari beberapa teman yang sudah merasakan yang namanya ujian skripsi.

Banyak yang sudah belajar menghafal dan memahami isi dari penelitannya dan sudah merasa yakin akan bisa menjawab semua pertanyaan yang akan dilontarkan oleh penguji.
Namun ada saja yang kecewa karena pertanyaan yg diajukan oleh dosen merupakan pertanyaan tak terduga saat ujian skripsi. sebenarnya pertanyaan itu mudah namun karena panik tidak sesuai yg dibayangkan malah jadi ngebleng lupa segalanya. nih beberapa pertanyaan yang tidak diduga saat ujian skripsi dan sedikit cerita dari teman teman saya:
  1. teman saya jurusan olahraga. dia sangat yakin akan ujian skripsinya. gimana gak yakin lulus? orang pembimbingnya adalah ketua jurusannya dan pengujinya adalah dosen yg biasa biasa saja. selesai dia presentasi dosen berkata " setelah kamu presentasi panjang kali lebar itu saya mau tanya HIPOTESIS ITU APA?" duuaaaarrrr teman saya ini kaget dan langsung panik karena mendadak lupa apa artinya Hipotesis. bayangkan pertanyaan semudah itu ditanyakan tp kita malah panik. dia diam saja beberapa saat sampai akhirnya menjawab tentang skripsinya eh si dosen malah kembali berkata " saya tidak tanya isi skripsimu, saya tanya apa itu hipotesis?????" teman saya kringet dingin karena sudah panik. pertanyaan tak terduga saat ujian skripsi
  2. teman yg kedua adalah orang yang pinter sih tapi ya telat lulus. hehehe.  pertanyaan yang tidak diduga saat ujian skripsi saat ujian ada pertanyaan yg dia tidak duga yaitu "APA ARTI VARIABEL?" gampang kan? tp dia lupa artinya dan sudah panik. kebayang kan kalau cewek panik. iya ujung ujungnya agak mau nangis gitu. 
  3. selanjutnya adalah pertanyaan yang sangat tidak penting namun dapat menusuk dan bikin agak panik serta malu. yaitu pertanyaan pada lembar terimakasih. Biasanya buat yg udah punya pacar sering kan nulisin nama pacarnya di lembar terimakasih?. hati hati jangan sampai kayak teman saya yg ditanya malah tentang pacarnya seperti "INI DILEMBAR TERIMAKASIH KOK ADA NAMA HERI? HERI ITU SIAPA? PACAR KAMU YA? SUDAH BANTU APA SAJA DIA? SUDAH PACARAN BERAPA LAMA? KAPAN NIKAH?" kalau kalian tanggapi pertanyaan seperti itu maka kalian akan habis ditangan dosen. saran saya nama pacar tidak usah di tulis atau kalau mau ditulis. saat ditanya dosen tidak usah dijawab cukup diam saja walau ditanya terus dan agak dibentak mending diam, maka penguji akan ganti pertanyaan. 
  4. yang ke4 adalah saat anda ujian kan biasanya disertakan buku buku yang menjadi rujukan dan ada dosen penguji yang bertugas untuk mengecek buku tersebut satu persatu. saran saya tolong di cek kembali bukunya semua jangan sampai ada yang ketinggalan atau bahkan ada yang bukan buku rujukan tapi kalian bawa juga. sama seperti teman saya ini saat ujian ada dosen yang bertugas mengecek daftar buku lalu ternyata diantara buku buku tersebut ada terselip sebuah komik jepang. dosen pun berkata " INI BUKU APA? SAYA CARI DI DAFTAR PUSTAKA KOK NDAK ADA?" tetapi dosen itu berkata lagi kamu sudah selesai bacanya? teman saya jawab "sudah pak" ini koming boleh buat saya???? teman saya pun menjawab "iya pak". pertanyaan tak terduga saat ujian skripsi
  5. tidak jarang juga dosen mengorek oreng keseharian anda apa lagi kalau kalian termasuk makasiswa kelewat batas pasti ditanya KENAPA TELAT LULUS? DIMANA RUMAHNYA? APA YANG DIKERJAKAN DIRUMAH? APA PEKERJAAN BAPAK IBU? APA ARTI NAMAMU? dan lain sebagainya yang berhubungan dengan informasi pribadimu

pertanyaan yang tidak diduga saat ujian skripsi Jadi intinya bersiaplah pada segala kemungkinan. menjawab pertanyaan jangan terburu buru dan mudah panik. kalau tidak bisa atau malu menjawabnya lebih baik diam saja. tapi ya jangan semua pertanyaan terus kalian diemin, bisa bisa kalian tidak jadi lulus. hahahaha
semoga ujiannya sukses dan tidak dipermalukan dosen. semoga setelah lulus bisa melangkah menjadi lebih baik lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar