Jumat, 04 Juli 2014

PERTANYAAN SAAT UJIAN SKRIPSI PTK KUALITATIF KUANTITATIF R&D

Ini merupakan pertanyaan ujian PTK yang saya dapatkan dari teman-teman yang sudah melaksanakan ujian.
diawali pertanyaan umum kemudian ke khusus. pertanyaan umum berlaku untuk semua jenis penelitian yaitu PTK Kwalitatif Kwantitatif R & D.
judul skripsi saya adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya.
berikut pertanyaannya
. semoga bermanfaat:




1.      Mengapa memilih judul ini?
Karena saya menemukan permesalahan tersebut dan saya rasa permasalahan tersebut sudah urjen dan sangat perlu untuk segera diatasi, apabila tidak segera diatasi maka akan mempengaruhi keadaan siswa kedepannya. Memilih matematika karena nilai matematika rendah dibandingkan nilai yang lain dan kedepannya saat kelas 6 nantinya matematika merupakan salah satu mata pelajaran yg diunaskan. Kenapa hasil? Karena tidak bisa dipungkiri saat ini pendidikan kita masih berpedoman pada nilai untuk menyatakan siswa lulus atau tidaknya.
2.      Mengapa di TEMPAT ini bukan yang lain?
Saya melakukan observasi di 2 SD yaitu di SDN Delegan 2 tempat KKN dan di SDN 1 Granting. Saya memilih sd ini karena saya menemukan masalah yang urjen di sd tersebut.
3.      Bagaimana cara anda mempersuasi guru sehingga bersedia untuk diteliti?
Cara saya mempersuasi guru adalah awalnya saya melakukan observasi proses pembelajaran dan saya menemukan beberapa permasalahan. Dari permesalahan yg saya temukan tersebut saya sampaikan kepada guru dan saya menawarkan metode tutor sebaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan akhirnya gurupun menyetujuinya.
4.      Mengapa subyeknya kelas 5 bukan kelas yg lain?
Karena kelas 5 merupakan siswa yg pada tahap operasional konkrit.
5.      Mengapa menggunakan metode ini bukan yang lain?
Karena terlihat bahwa siswa tidak berani bertanya kepada gurunya tentang materi yg belum dipahaminya, sehingga perlu adanya metode yang dapat membuat siswa jadi berani menyampaikan permsalahannya yaitu metode tutor sebaya. Siswa jadi berani bercerita masalahnya kepada temannya.
6.      Apa bedanya hasil dan prestasi?
Hasil merupakan suatu akibat setelah melakukan aktifitas makan didapatlah sebuah hasil yaitu baik atau tidak. Prestasi adalah penilaian yg dilakukan dari hasil. Misalnya halisnya baik dan bagus disebut berprestasi.
7.      Apa itu PTK?
PTK adalah suatu metode penelitian yg dilakukan jika terdapat suatu permasalahan dalam proses pembelajaran. Jadi intinya PTK adalah metode yg bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran agar leih baik lg.
8.      Mengapa menggunakan model spiral?
Karena dalam proses pembelajaran pasti ada perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi, karena semua itu arus berurutan agar nantinya diketahui letak kesalahan dan bisa diperbaiki.
9.      Kisi-kisi ini berpedoman dari mana?
Kisi-kisi lembar pengamatan idi berpedoman pada langkah-langkah pembelajaran dari pendapat Hisyam Zaini pada hal. 30. Dan pengertian tutor sebaya dari sukmadinata hal. 25. Kiki-kisi soal hal 17.
10.  Apa kriteria ketuntasannya?
kriteria ketuntasan yaitu apabila lebih dari samadengan 75% siswa mendapatkan nilai lebih dari samadengan 70. kriteria ini dibuat berdasarkan diskusi dengan guru. karena guru lebih tau tentang keadan dari kelas tersebut dan memahami masing2 siswanya.
11.  Bedanya tujuan dan manfaat?
Tujuan adalah suatu hasil yg ingin diperoleh setelah melakukan suatu tindakan. Sedangkan manfaat adalah sesuatu yg didapat karena hasil dari tindakannya.
12.  Bedanya pendekatan, strategi, model, metode?

13.  belajar itu apa?
     Belajar adalah belajar merupakan suatu proses kegiatan yang berupa membaca, menulis mendengarkan mengamati dan meniru yang hasilnya dapat merubah perilaku atau tingkah laku seseorang ke yang lebih baik sehingga kejadian yang sama tidak terulang kembali.
14.  Tujuan belajar adalahuntuk mendapatkan pengetahuan penanaman konsep dan keterampilan,  untuk pembentukan sikap.
15.  Hasil belajar adalahkemampuan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya.
16.  Bagaimana cara menentukan tutor? Cara menentukan tutor adalah dengan cara melihat hasil pretes kemudian diserahkan kepada guru kemudian guru lah yg menentukan siapa saja yg menjadi tutor. Karena guru yg lebih tau keadaan siswanya. Pembagian kelompok juga ditentukan oleh guru.
17.  Apakah anda yakin tutor mampu untuk mengajarkan temannya? Dari hasil pretes terlihat nilai2 siswa, dan disini guru menunjuk siswa yg menjadi tutor berdasarkan nilai. Karen siswa sudah mendapat nilai bagus maka dianggap siswa tersebut sudah memahaminya.
 demikian beberapa pertanyaan yang saya dapatkan. semoga bermanfaat dan jika ada ingin menambahkan saya persilahkan.
semoga ujian kalian lancar dan sukses

7 komentar: